Kulkas Tidak Dingin: Penyebab & Cara Mengatasi

Kulkas Tidak Dingin: Penyebab & Cara Mengatasi

Masalah kulkas tidak dingin masih menjadi pertanyaan bagi sebagian orang. Banyak yang mengeluh kenapa kulkas tiba tiba tidak dingin dan membuat makanan cepat saji mereka mudah rusak. Juga es di kompartemen atas tidak beku menyebabkan ketidaknyamanan dan mempengaruhi kesehatan pengguna.

Jadi apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi kulkas tidak dingin? Silahkan baca 10 solusi jitu pada artikel berikut ini hingga selesai.

kulkas tidak dingin

Baca Juga : Cara menghemat listrik kulkas

Mengapa Kulkas Tidak Dingin ? berikut 10 Penyebab & Cara Mengatasi

1. Power Supply kulkas lemah atau terputus-putus

Penyebab: Power Supply ke lemari es terputus-putus, tegangan tidak stabil, mungkin karena saluran listrik Anda terbuka atau bocor. Selain itu, ada kemungkinan keluarga Anda menggunakan banyak perangkat listrik secara bersamaan, sehingga menyebabkan sumber listrik kelebihan beban dan tidak memberikan daya yang cukup untuk perangkat tersebut.

Cara mengatasi: Anda harus mematikan pemutus arus dan memeriksa apakah kabel listrik rumah Anda bocor. Bila perlu, Anda dapat memanggil tukang servis kulkas tidak dingin untuk memeriksa dan memperbaiki. Jika sumber listrik sering berubah secara tidak normal, tegangannya berfluktuasi, Anda harus menambahkan penstabil tegangan untuk membantu lemari es beroperasi dengan stabil.

Catatan : Untuk biaya servis kulkas tidak dingin tergantung kerusakan yang terjadi pada kulkas.

Baca Juga :   Kulkas lg tiba tiba tidak dingin, Inilah Penyebanya!

2. Steker listrik kulkas longgar

Penyebab: Selama penggunaan, steker listrik lemari es mungkin macet, tidak terpasang dengan kuat ke stopkontak. Akibatnya, catu daya akan berkedip, menyebabkan kompresor beroperasi tidak stabil. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kebakaran, ledakan dan percikan api jika pengguna tidak mendeteksinya sejak dini.

Cara mengatasi: Periksa apakah steker listrik kulkas rusak dan lanjutkan untuk menyematkan steker ke stopkontak. Anda dapat dengan cerdik mendesain stopkontak di sudut tersembunyi, menghindari situasi di mana hewan peliharaan atau orang secara tidak sengaja menyentuh dan menyebabkan steker kendor.

3. Pintu lemari es tidak menutup dengan benar karena pelek karet terbuka

Penyebab: Setelah beberapa lama digunakan, banyak lemari es akan menghadapi situasi yang tidak dapat menutup pintu dengan rapat karena pelek karet pada pintu rusak atau sobek. Hal ini membuat pintu lemari tidak dapat menutup atau akan cenderung terbuka dengan sendirinya jika pengguna tidak memperhatikan atau meninggalkan banyak makanan di dalam lemari.

Cara mengatasi: Anda dapat memeriksa apakah pinggiran karet lemari es terbuka dengan cara berikut: gunakan selembar kertas tipis di antara pintu dan badan lemari es. Jika Anda menarik lembaran kertas dengan mudah ke atas dan ke bawah, pelek karet akan rusak. Pada titik ini Anda dapat melanjutkan untuk mengganti lemari es untuk menjaga suhu lebih baik.

4. Kulkas kekurangan gas atau kehabisan gas

Penyebab: Pipa gas kulkas bocor atau kulkas kehabisan bensin setelah lama digunakan adalah penyebab umum bagi pengguna.

Cara mengatasinya: Sebaiknya hubungi service repair untuk melakukan pengecekan apakah pipa gas bocor atau tidak. Jika semuanya normal dan alasannya adalah lemari es akan kehabisan bensin, Anda dapat melanjutkan untuk mengganti gas dengan yang baru. Jenis gas yang umum digunakan dan ramah lingkungan adalah gas R32.

Baca Juga :   12 Penyebab kulkas tidak beku & Cara Mengatasi

5. Tombol penyesuaian suhu lemari es tidak benar

Penyebab: Sebagian besar model lemari es memiliki dua kenop pengatur suhu (tergantung model). Pengguna dapat menyesuaikan berdasarkan jumlah makanan lebih atau kurang, suhu luar tinggi atau rendah untuk membuat kulkas lebih efisien. Jika suhu lemari es disetel ke rendah untuk menghemat listrik, lemari es tidak akan dingin dengan baik dan makanan akan mudah rusak.

Cara mengatasi: Berdasarkan jumlah makanan di lemari es lebih atau kurang, pengguna dapat menyesuaikan suhu yang sesuai. Misalnya, saat menyimpan banyak makanan, Anda dapat mengatur tombol di baris 6 atau 7. Jika lemari es memiliki sedikit makanan, Anda dapat meninggalkan tombol di baris 4.

6. Unit pencairan es rusak

Penyebab: Bagian ini mungkin rusak saat digunakan, atau mungkin karena kebersihan yang buruk. Bila hal ini terjadi, akan mengganggu pengoperasian unit pendingin yang mengakibatkan lemari es tidak dapat cukup dingin.

Cara mengetahuinya: Salju akan membeku di sekitar evaporator

Cara mengatasi: Jika bagian ini rusak maka Anda perlu memanggil seseorang untuk memperbaiki atau mengganti. Selain itu, setelah periode penggunaan, Anda juga harus membersihkan bagian ini untuk memastikan pengoperasian lemari es yang paling lancar.

7. Kulkas menampung terlalu banyak makanan

Penyebab: Setiap lemari es memiliki kapasitasnya masing-masing dan juga membutuhkan waktu untuk pertukaran udara dingin. Jika Anda memasukkan terlalu banyak makanan sekaligus, lemari es tidak akan memiliki cukup ruang untuk sirkulasi udara dingin, sehingga suhu lemari es menjadi tidak stabil.

Cara mengatasi: Buang hanya jumlah makanan yang direkomendasikan oleh pabrik dalam manual dan buang semua makanan yang rusak atau tidak terpakai. Menata dengan rapi dan secara teratur membersihkan dan menghilangkan bau pada lemari es.

Baca Juga :   7 Cara merawat kulkas agar awet, bersih, dan Segar

8. Saluran udara dingin terhalang dari freezer ke pendingin

Penyebab: Saluran udara dingin yang tersumbat dari freezer ke pendingin dapat memiliki banyak alasan, tetapi tiga alasan yang paling menonjol adalah: makanan menghalangi lubang ventilasi, saluran membeku atau tersumbat.

Cara mengatasi: Periksa apakah lubang ventilasi tersumbat. Jika saluran beku, hanya perlu 4-5 jam untuk memperbaiki lemari es. Jika saluran rusak, Anda perlu memanggil tim perbaikan untuk memperbaikinya.

9. Unit dalam-ruang membeku

Penyebab: Ketika salju menumpuk banyak, akan menyebabkan saluran udara dingin tersumbat, sehingga udara dingin tidak bisa bersirkulasi. Ini paling sering terjadi pada lemari es yang lebih tua, yang tidak memiliki fungsi pencairan otomatis setelah periode penggunaan.

Cara mengatasi: Jika lemari es Anda tidak memiliki fungsi pencairan otomatis, Anda perlu mencairkan lemari es selama 4-5 jam. Jika lemari es Anda memiliki fungsi pencairan otomatis, Anda harus menghubungi bagian servis dan perbaikan untuk memeriksa bagian ini.

10. Blok kulkas rusak

Penyebab: Blok berperan memompa dan mengompresi gas ke unit luar, dari mana gas didinginkan dan melewati unit dalam untuk mendinginkan seluruh lemari es. Ada banyak penyebab, tetapi biasanya Anda akan menemukan 3 penyebab paling umum:

  1. Blok kelebihan beban karena kurangnya gas atau kebocoran gas saat digunakan
  2. Kipas pendingin untuk blok tidak berfungsi.
  3. Blok yang digunakan untuk waktu yang lama merusak bagian internal dan mengeluarkan suara.

Cara mengatasi: Dalam hal ini, Anda perlu meminta departemen teknis untuk mengirim seseorang untuk membawa lemari es untuk diperiksa. Jika mereka dapat memperbaikinya, mereka akan mencoba memperbaikinya, tetapi jika terlalu buruk, mungkin perlu diganti.

Dengan informasi di atas semoga dapat membantu Anda mengetahui alasan mengapa kulkas tidak dingin dan cara memperbaikinya. Semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *