7 Cara merawat kulkas agar awet, bersih, dan Segar

7 Cara merawat kulkas agar awet, bersih, dan Segar

Merawat kulkas tetap bersih (Kinclong) dan segar sangat penting, membantu melindungi kesehatan Anda, tetapi juga membantu memperpanjang umur lemari es. Simak 7 tips sederhana cara merawat kulkas agar awet, tetap bersih dan segar sepanjang waktu.

Cara merawat kulkas agar awet

Baca Juga : Cara membersihkan kulkas LG 2 pintu pakai Cuka

7 Cara merawat kulkas supaya awet, bersih, dan Segar

Berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa anda terapkan untuk kulkas anda agar tetap awet dan tidak cepat rusak. Juga membuat kulkas tetap bersih dan segar sepanjang waktu.

1. Bersihkan kulkas secara rutin

Untuk menjaga lemari es tetap bersih, penting untuk membersihkan lemari es secara teratur , untuk menghilangkan kotoran (mengandung banyak bakteri penyebab penyakit), bau yang disebabkan oleh makanan secara menyeluruh dan tepat waktu.

Selain itu, pembersihan lemari es secara teratur tidak hanya membantu menjaga lemari es tetap bersih dan segar, pendinginan lebih efisien, tetapi juga membantu memperpanjang umur lemari es .

2. Menghilangkan bau kulkas

Selain membersihkan lemari es secara rutin, menghilangkan bau pada lemari es juga berperan dalam menjaga lemari es tetap bersih dan harum .

Ada banyak cara untuk membantu menghilangkan bau tak sedap akibat makanan yang sederhana dan efektif seperti menggunakan arang aktif , soda kue , biji kopi yang baru digiling atau teh celup untuk dimasukkan ke dalam lemari es, semuanya tersedia.

Baca Juga :   12 Penyebab kulkas tidak beku & Cara Mengatasi

Pada saat yang sama, Anda dapat menciptakan sedikit wewangian untuk lemari es dengan memasukkan sedikit kulit jeruk, jeruk keprok, lemon atau mentol ke dalam lemari es .

3. Atur dan simpan makanan dengan benar

Mengatur dan menyimpan makanan di lemari es dengan benar, ilmu pengetahuan tidak hanya membantu makanan awet lebih lama, lemari es menjadi lebih dingin, tetapi juga membantu lemari es menjadi lebih rapi, teratur , dan bersih. Banyak ruang untuk penyimpanan .

4. Buang makanan atau sisa makanan yang sudah lama disimpan di lemari es

Jika makanan atau sisa makanan yang disimpan dalam lemari es dalam waktu lama akan terlihat tengik, berjamur atau berubah bentuk seperti layu, busuk, mengkerut , sebaiknya segera dibuang karena sudah tidak dapat digunakan lagi dan tidak aman bagi kesehatan.

Selain itu, membuang makanan dan sisa makanan dalam waktu lama akan membantu menjaga kulkas tetap bersih, harum dan membatasi bakteri berbahaya berkembang biak.

5. Kelompokkan makanan

Lemari es pintar yang ada di pasaran saat ini sering dibagi menjadi kompartemen terpisah untuk setiap jenis makanan seperti daging, ikan, makanan siap saji , sayuran, dll. Oleh karena itu, Anda juga harus memperhatikan setiap fungsi untuk menggunakan kompartemen yang benar. selama penyimpanan makanan di lemari es.

Selain itu, mengelompokkan makanan mentah dan matang juga sangat penting, sama sekali tidak mencampur makanan matang dengan makanan mentah untuk menghindari infeksi timbal balik. Ini sangat mengurangi bau di lemari es.

Khususnya makanan yang dimasak tidak boleh disimpan terlalu lama di lemari es , hanya boleh disimpan untuk makan berikutnya, seperti sarapan untuk makan siang, makan siang untuk makan malam, hingga 5-6 jam .

Baca Juga :   Kulkas lg inverter 2 pintu tidak dingin, Kenapa?

6. Perhatikan umur simpan setiap jenis makanan

Menyimpan makanan terlalu lama akan menyebabkan masalah seperti kehilangan nutrisi, bahkan keracunan makanan . Oleh karena itu, untuk memastikan makanan yang aman, perhatian khusus harus diberikan pada waktu penyimpanan .

Secara khusus, Daging sapi, ayam, dan babi yang dimasak selama 1-2 hari , hotdog dan sosis yang dimasak di lemari es selama 1 minggu jika dibuka, 2 minggu jika belum dibuka .

Jus tetap di lemari es selama 7 hingga 10 hari dengan kotak yang terbuka, 3 minggu dengan kotak yang belum dibuka . Stroberi dapat didinginkan selama 2-3 hari, dan dibekukan selama 8-12 bulan . Jeruk, apel disimpan di lemari es selama 1 minggu . Anggur dapat disimpan selama 1-2 minggu .

7. Sesuaikan suhu yang tepat

Setiap jenis makanan selalu memiliki suhu penyimpanannya sendiri, sehingga pengguna juga perlu mengetahui cara mengatur suhu kompartemen lemari es agar sesuai dengan setiap jenis makanan.

Untuk makanan normal sebaiknya disimpan pada suhu 8 derajat Celcius, susu pada suhu 4 derajat Celcius, es krim pada suhu -18 derajat Celcius . Sementara itu, daging segar harus disimpan pada suhu 3 derajat Celcius dan daging serta ikan harus dibekukan pada suhu -18 derajat Celcius .

Di atas kami telah membagikan artikel mengenai beberapa tips sederhana cara merawat kulkas agar awet, tetap bersih dan segar setiap saat . Jika Anda memiliki komentar atau pertanyaan yang ingin Anda bagikan, cukup beri komentar di bagian bawah dan kami akan senang hati menjawab dalam waktu tercepat!

Baca Juga : Kulkas Tidak Dingin: Penyebab & Cara Mengatasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *