15 Cara menghemat listrik kulkas yang efisien

15 Cara menghemat listrik kulkas yang efisien

Penggunaan lemari es yang tepat tidak hanya membantu Anda menghemat listrik secara efektif, tetapi juga menjaga daya tahan dan memperpanjang umur lemari es. Di sini, kami ingin memperkenalkan beberapa tips yang baik tentang cara menghemat listrik kulkas secara efektif untuk keluarga Anda.

cara menghemat listrik kulkas

Ada beberapa pengguna yang sering mencari cara yang akan kami bahas hari ini, seperti :

  • cara menghemat listrik kulkas showcase
  • cara menghemat listrik kulkas polytron
  • cara menghemat listrik kulkas aqua
  • cara menghemat listrik kulkas sharp
  • cara menghemat listrik pada pemakaian kulkas
  • cara menghemat energi listrik kulkas
  • cara menghemat energi listrik pada kulkas
  • cara menghemat pemakaian listrik kulkas
  • cara menghemat daya listrik kulkas

Dan juga yang sering orang tanyakan:

  • cara menurunkan daya listrik kulkas
  • cara menghemat listrik kulkas aqua
  • menyalakan kulkas setelah dimatikan
  • cara menghemat listrik freezer
  • cara menghemat listrik freezer ice cream
  • nama alat penghemat listrik kulkas

Dari semua ketidaktahuan anda diatas, akan kami bahas di bawah ini.

Baca Juga : Cara berbagi lokasi di Google Maps

15 Cara menghemat listrik kulkas 1 pintu dan 2 pintu

Bersihkan kondensor secara teratur

cara menghemat listrik kulkas

Kondensor adalah bagian yang terbuat dari besi atau tembaga, dengan sirip, dipasang di belakang lemari es. Bagian ini memiliki fungsi memancarkan panas , mengurangi panas yang dikeluarkan dari kompresor.

Jika kondensor bersih dan bekerja dengan baik, kompresor akan bekerja lebih stabil, memastikan pasokan udara dingin yang memadai tanpa kelebihan beban. Dari sana, makanan didinginkan secara efektif dan menghemat konsumsi listrik.

Anda harus membersihkan unit kondensor setidaknya setiap 6 bulan sekali (atau setahun sekali) untuk menghindari debu dan kotoran menempel pada lemari es, mencegah proses pendinginan lemari es. Untuk beberapa model lemari es baru, koil kondensor dapat ditempatkan di dalamnya.

Baca Juga :   Cara mengatur suhu Kulkas baru yang tepat

Namun, Anda dapat melepas kisi pelindung, lalu membersihkan kondensor. Untuk membersihkan, cabut steker listrik, gunakan penyedot debu atau sikat lembut dan kain untuk menghilangkan kotoran.

Tutup makanan dan masukkan ke dalam lemari es

Sebelum memasukkan makanan ke dalam lemari es, sebaiknya tutup dengan cling film atau simpan di wadah makanan. Ini tidak hanya membantu membatasi generasi bakteri penghasil bau, tetapi juga membantu melindungi kandungan nutrisi makanan.

Selain itu, dengan cara ini, kompresor akan mengatur jumlah udara lembab di dalam kabinet secara lebih efisien, beroperasi pada kapasitas yang lebih rendah, secara signifikan menghemat konsumsi listrik.

Jangan biarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama

Jika pintu lemari es sering dibuka dan ditutup, suhu di dalam lemari es meningkat sehingga kompresor akan menyesuaikan suhu secara terus – menerus untuk menjaga kesejukan dan kelembapan lingkungan di dalam lemari es.

Semakin sering Anda membuka/menutup pintu lemari es, semakin banyak kompresor bekerja dengan frekuensi yang lebih tinggi, yang membuang energi.

Masukkan makanan secukupnya ke dalam lemari es

Orang sering berpikir bahwa menyimpan lebih sedikit makanan membantu lemari es beroperasi lebih efisien, tetapi tidak demikian halnya. Sebaiknya Anda cukup kenyang dengan makanan di lemari es, makanan dingin saat didinginkan dengan bolak-balik yang sama, untuk membantu menyeimbangkan suhu dan membuat kompresor bekerja lebih sedikit.

Karena itu, jika lemari es tidak memiliki cukup makanan untuk diisi, Anda dapat memasukkan kantong es atau air dingin tambahan ke dalamnya.

Pastikan suhunya pas

Jika Anda mengatur suhu ke tinggi untuk menghemat listrik saat menggunakan lemari es, makanan dapat rusak karena tidak diberi cukup dingin. Sebaliknya, suhu yang terlalu rendah akan membuang energi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengatur suhu yang benar sesuai saran para ahli, khususnya sebagai berikut:

  • Suhu lemari es: sekitar 2 derajat Celcius – 4 derajat Celcius
  • Suhu freezer: sekitar minus 15 derajat Celcius

Pilih kapasitas lemari es yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Sebelum memilih membeli kulkas, sebaiknya tentukan jumlah anggota keluarga untuk memilih kulkas dengan kapasitas yang sesuai. Kapasitas lemari es yang kecil tidak akan memenuhi kebutuhan pengawetan makanan dengan baik dan sebaliknya, memilih membeli lemari es yang terlalu besar akan membuang energi.

Baca Juga :   Cara membersihkan kulkas LG 2 pintu pakai Cuka

Periksa segel pintu secara teratur

Bagian dalam pintu kulkas biasanya dilengkapi dengan pembatas yang empuk. Pelek ini membantu menjaga suhu di dalam lemari es agar tidak bocor ke luar saat pintu ditutup.

Jika segel pintu bengkok atau sobek, udara dingin (di dalam kabinet) akan keluar. Pada saat yang sama, udara dari lingkungan (di luar kabinet) juga mudah masuk ke dalam.

Oleh karena itu, kompresor harus beroperasi pada kapasitas yang lebih tinggi untuk menstabilkan suhu, menyebabkan hilangnya daya. Saat mendeteksi masalah dengan bantalan pintu kabinet, Anda harus memperbaikinya untuk menghemat penggunaan energi.

Jangan memasukkan makanan panas ke dalam lemari es

Memasukkan makanan panas ke dalam lemari es menyebabkan suhu di dalam lemari es naik, kompresor harus bekerja lebih keras untuk menyediakan makanan dingin di lemari es. Hal ini menyebabkan lemari es mengkonsumsi lebih banyak listrik, meningkatkan biaya listrik untuk rumah.

Mencairkan freezer secara berkala untuk lemari es beku

Setelah beberapa lama digunakan, lemari es freezer akan muncul lapisan salju yang agak tebal, membuat kapasitas lemari es berkurang serta memakan daya dan menempati area interior.

Jika lemari es Anda tidak memiliki mode pencairan otomatis, Anda harus secara teratur mencairkan lemari es untuk menambah area yang dapat digunakan dan menghemat listrik untuk keluarga.

Matikan pembuatan es otomatis bila perlu

Kompresor akan mengkonsumsi lebih banyak daya untuk menyediakan udara dingin untuk pembekuan otomatis. Oleh karena itu, sebaiknya matikan fitur pembuat es otomatis di lemari es, gunakan saja fitur pembekuan biasa jika tidak perlu terlalu banyak menggunakan es.

Jauhkan dari sumber panas

Anda harus meletakkan lemari es di tempat yang sejuk, bukan di dekat oven , kompor gas atau perangkat penghasil panas lainnya. Panas yang dipancarkan dari perangkat ini dapat menyebabkan lemari es menghangat, mempengaruhi kemampuan kompresor untuk beroperasi.

Selain itu, menempatkan lemari es di tempat yang berventilasi baik juga membantu lemari menghilangkan panas dengan lebih baik, memperpanjang umurnya, dan menghemat energi untuk keluarga.

Baca Juga :   12 Penyebab kulkas tidak beku & Cara Mengatasi

Gunakan piring kaca atau porselen

Saat menyimpan makanan di lemari es, sebaiknya utamakan menggunakan piring berbahan kaca atau porselen. Barang-barang ini akan membantu menyeimbangkan panas di lemari es dengan lebih baik, dan pada saat yang sama membatasi bakteri memasuki makanan. Namun, Anda harus menutup tutupnya rapat-rapat agar makanan tidak menggenang dan lebih awet.

Jangan letakkan kulkas dekat dengan dinding

Anda harus meletakkan lemari es di tempat yang sejuk, 10-15 cm dari dinding belakang dan sekitar 2 cm dari samping agar lemari es memiliki ruang untuk memancarkan panas.

Selain itu, Anda dapat menempatkan lemari es sekitar 5 cm di atas tanah , membantu mencegah kelembaban dan mendukung proses pembuangan panas agar berlangsung lebih baik.

Batasi sering menyalakan dan mematikan kulkas

Saat menggunakan lemari es, untuk menghemat listrik, pengguna harus membatasi pemutusan sambungan lemari es dari sumber listrik dan sering menyalakan/mematikan lemari es karena setiap start-up akan mengkonsumsi listrik dalam jumlah besar.

Pada saat ini, kompresor harus beroperasi pada efisiensi tinggi untuk memberikan dingin kembali dari awal, tidak hanya menyebabkan konsumsi daya tetapi juga mengurangi umur lemari es.

Jika Anda tidak menggunakan lemari es untuk waktu yang lama, Anda dapat mematikan daya dan membersihkan barang-barang dan makanan di dalam lemari es. Kemudian bersihkan dan tunggu lemari mengering sebelum menutup pintu untuk membatasi pertumbuhan bakteri.

Bersihkan kulkas

Menjaga lemari es tetap bersih tidak hanya membantu membatasi pertumbuhan bakteri dan jamur, tetapi juga membantu lemari es menghilangkan panas dengan lebih baik. Anda harus secara teratur membersihkan gasket karet pada pintu lemari es agar pintu tertutup lebih rapat, menghindari keluarnya udara dingin dan memakan listrik.

Selain itu, unit pendingin di belakang lemari es juga perlu dibersihkan, untuk menghindari debu yang menyumbat sistem. Jika Anda memiliki hewan peliharaan di keluarga Anda, Anda harus memeriksanya setiap hari karena di sinilah bulu mudah masuk.

Anda dapat membersihkan kulkas sekitar 1-2 bulan sekali untuk menghemat listrik secara efektif. Setiap tahun, Anda juga harus memeriksa jumlah gas pendingin kabinet dan gas pompa tepat waktu untuk menghindari kelebihan beban kompresor dan konsumsi listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *