Bagaimana cara mengexport gambar coreldraw

Bagaimana cara mengexport gambar coreldraw

Mengexport gambar coreldraw adalah salah satu pekerjaan yang wajib diketahui oleh siapa pun yang bekerja dengan corel. Corel memiliki banyak kelebihan, tetapi ada juga banyak hal yang membuat orang sulit untuk memahaminya.

Terutama bagi anda yang sudah belajar ilustrator dan beralih belajar corel. Oleh karena itu, sebelum mulai mempelajari cara mengexport file gambar di corel, Anda perlu memahami beberapa pengetahuan dasar. Dengan begitu, export gambar di corel benar-benar efektif.

Memahami gambar di coreldraw

Sebelum belajar tentang bagaimana cara mengexport gambar coreldraw saya ingin menyebutkan konsep gambar di corel. Karena Corel merupakan software vektor, maka banyak yang mengira bahwa gambar yang keluar dari corel akan berupa gambar vektor.

Sebenarnya tidak demikian, kami memiliki 2 jenis gambar: bitmap dan gambar vektor. Dengan demikian, semua gambar dengan format bitmap adalah gambar bitmap misalnya (jpge, jpg, png …). Ini berarti bahwa ketika Anda memiliki gambar bitmap, Anda harus memperhatikan ukuran dan resolusi gambar.

Export gambar dengan ukuran halaman

Salah satu paradoks paling aneh yang saya perhatikan dengan corel adalah tentang ukuran halaman. Ini juga hal yang membuat saya bertanya-tanya untuk belajar paling banyak waktu. Corel adalah satu-satunya perangkat lunak yang memungkinkan pengaturan ukuran halaman (file kerja).

Tetapi tidak ada opsi untuk menampilkan ukuran halaman. Ini berarti bahwa pengaturan ukuran apa pun untuk halaman pertama tidak ada artinya. Anda hanya dapat mengexport file dengan ukuran suatu objek atau sekelompok objek. Jadi jika Anda sudah familiar dengan mode ” Save use artboards ” illustrator , tidak perlu mencari di corel karena mode ini tidak ada.

Ukuran gambar

Coreldraw tidak mengexport gambar pada ukuran halaman. Itulah mengapa dalam banyak kasus sulit bagi kami untuk memahami ukuran gambar yang ingin Anda hasilkan. Selain itu, gambar output adalah gambar bitmap, jadi Anda perlu memperhatikan ukuran objek yang Anda buat.

Baca Juga :   Cara memperbarui PlayStore dalam 3 langkah

Untuk amannya, Anda harus membuat bingkai dengan ukuran yang Anda inginkan dan kemudian menempatkan seluruh objek desain di dalamnya. Dengan begitu ketika mengexport file Anda akan mendapatkan gambar ukuran bingkai yang Anda buat.

Tentu saja, detail tambahan yang Anda buat di luar bingkai perlu dihapus. Selain ukuran, Anda juga perlu memperhatikan resolusi gambar.

Jika Anda mengatur unit ukuran ke Pixel, ukuran gambar Anda akan berubah saat mengatur resolusi. Misalnya: Jika Anda mengatur panjang gambar menjadi 300px, output gambar pada 300px/inci, maka gambar Anda sekarang memiliki ukuran 1 inci = 2,54cm.

Sistem warna gambar

Catatan selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam mengexport file gambar di corel adalah tentang warna dan sistem warna. Warna di corel benar-benar tidak ditampilkan dengan baik, ada arah yang “kusam”.

Jadi Anda mungkin melihat perbedaan warna antara desain pada file dan gambar yang dicetak. Selain itu, Anda perlu memperhatikan sistem warna dalam desain dan tampilan. Dimana RGB adalah sistem warna tampilan, dan CMYK adalah sistem warna yang digunakan dalam pencetakan.

Perbedaan warna juga terjadi untuk perangkat yang berbeda. Setiap monitor akan menampilkan pola warna, Anda perlu membiasakan diri dengan perbedaan warna ini.

Bagaimana cara mengexport gambar coreldraw?

Cara mengexport file gambar di corel berbeda dengan mengexport file gambar di photoshop. Anda tidak dapat menemukan pilihan format gambar di properti Save (Ctrl + S) atau Save as (Ctrl + shift + S) . Untuk dapat mengexport file gambar di corel Anda dapat melakukan hal berikut:

Langkah 1: Pilih mode ekxport file gambar di corel

Pertama, Anda harus memilih mode export gambar di corel. Untuk melakukannya, lakukan hal berikut: Dari bilah Menu -> Chọn File -> Export (Ctrl + E) .

Perhatikan bahwa ini adalah satu-satunya cara untuk mengekxport file gambar dalam format apa pun di corel. Perintah save atau save as keduanya membantu Anda memilih untuk menyimpan file dalam format vektor.

Langkah 2: Pilih format dan folder yang berisi gambar

Setelah memilih untuk mengexport file gambar di corel. Sekarang panel pemilihan atribut muncul. Anda melanjutkan untuk memilih nama, format gambar dan mode Export file gambar di coreldraw. Setelah memilih sendiri format dan pengaturan yang sesuai, pilih Export untuk melanjutkan ke langkah 3.

  1. File Name : Beri nama file gambar yang akan di-output di corel.
  2. Save as type : Pilih format gambar yang ingin Anda hasilkan.
  3. Selected only : MengExport file gambar dengan hanya objek atau grup objek yang dipilih.
  4. Do not show filter dialog : Mencegah kotak dialog yang menyediakan opsi Export lebih lanjut Opsi ini tidak tersedia untuk semua format file.
  5. Export this page only : Hanya muncul ketika file desain Anda memiliki banyak halaman sekaligus. Mode export file pada satu halaman.
Baca Juga :   6 Cara Mengatasi Code 0xc0000185 Windows 10

Langkah 3: Atur kualitas gambar (Settings)

Setelah memilih untuk mengexport gambar. Sekarang tabel Settings export muncul, Anda perlu mengatur parameter untuk gambar yang perlu Anda Export. Pertama kita perlu mengatur kualitas gambar, termasuk parameter berikut yang harus Anda perhatikan:

  • Color Mode : Mode yang memilih sistem warna untuk gambar yang akan Anda hasilkan. Dengan demikian, sistem warna CMKY adalah sistem warna yang digunakan untuk pencetakan, sistem warna RGB adalah sistem warna yang digunakan untuk tampilan pada perangkat digital.
  • Matte : Warna latar belakang gambar saat Anda mengexportnya, jika itu adalah gambar latar belakang
  • Quality : Kualitas gambar yang akan Anda hasilkan, juga dikenal sebagai rasio kompresi gambar. Kualitas foto akan bervariasi dari 0 -> 100% sesuai dengan ukuran gambar, dan kualitas gambar meningkat secara bertahap.
  • Sub – Format : Ini adalah mode subsampling kroma visual. Konsep yang relatif akademis dalam pemilihan mode kompresi gambar. Anda dapat mencari kata kunci “chroma subsampling) untuk mempelajari lebih lanjut. Jika Anda tidak ingin mengerti atau tidak mengerti, biarkan saja sebagai default.

Langkah 4: Atur mode Advanced untuk gambar (Advanced)

Ini adalah mode advanced yang terletak di kompartemen ke-2 di panel pengaturan mode export gambar di corel. Klik pada 2 panah (1) untuk membuka jendela pengaturan atau membiarkan default seperti yang telah disiapkan perangkat lunak. Atau Anda dapat menginstal seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Langkah 5: Atur ukuran gambar (transformation)

bagaimana cara mengexport gambar coreldraw

Setting terakhir pada proses export gambar di corel adalah pengaturan ukuran gambar. Ada beberapa pengaturan yang perlu Anda perhatikan sebagai berikut:

  • Unit : Unit pengukuran gambar, Anda dapat memilih unit pengukuran yang berbeda seperti sentimeter, milimeter, inci. Pengaturan ini hanya membantu Anda untuk memahami dengan baik dan cukup tentang ukuran di bawah ini. Anda dapat memilih ukuran apa pun, itu tidak mempengaruhi output file gambar di corel
  • Width : Lebar gambar yang Anda hasilkan
  • Height : Tinggi gambar yang ingin Anda hasilkan.
  • Resolution : Resolusi atau kerapatan piksel dari gambar yang akan dihasilkan. Dengan demikian, gambar yang ditampilkan harus memiliki resolusi 72px / inci. Jika foto akan dicetak, setidaknya harus 150, dan biasanya 300 px/inci.
  • Maintain aspect ratio : Mode yang memungkinkan Anda mempertahankan rasio aspek gambar yang benar. Saat Anda mengubah ukuran satu dimensi, dimensi lain akan berubah sesuai dengan itu.
  • Maintain Size : Mode yang memungkinkan Anda mengubah ukuran dimensi gambar secara bebas.
Baca Juga :   7 Cara membuka Task Manager Windows 10

Orang juga Mencari :

  1. rectangle tool berfungsi untuk menggambar bentuk dari bujur sangkar dan juga berbentuk kotak.
  2. sementara elipse tool berfungsi untuk menggambar lingkaran baik beraturan maupun lonjong (oval). Elipse tool biasanya ada di software/program menggambar (ex: Paint, photoshop, CorelDraw, dsb.)
  3. table tool digunakan untuk untuk membuat tabel. Parallel Dimension = berfungsi untuk membuat garis dengan ukuran dimensi miring. Horizontal or Vertical Dimension = membuat garis ukuran dimensi horizontal dan vertikal.
  4. dimension tool adalah alat untuk membuat garis dimensi sebagai alat bantu untuk mengukur tinggi,panjang,dan sudut objek.
  5. tombol pada keyboard untuk mengexport gambar adalah menekan Ctrl+E.
  6. alat yang digunakan untuk menarik memindahkan objek adalah Pick Tool.
  7. alat yang digunakan untuk membentuk berbagai objek garis artistic adalah Artistic Media Tool.

Kesimpulan cara mengexport gambar coreldraw

Anda baru saja belajar bagaimana cara mengexport gambar coreldraw. Pada saat yang sama, kami juga berbagi dengan Anda catatan saat mengexport gambar di corel.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti: Semua file gambar yang diexport dari corel adalah gambar bitmap; Di corel tidak ada mode untuk mengexport file gambar per halaman; Untuk dapat mengexport gambar di corel Anda harus melalui 5 langkah.

Semoga pengetahuan yang baru saja kami bagikan kepada Anda tentang mengexport gambar akan membantu Anda dalam proses belajar dan bekerja Anda. Semua komentar, share, dan saran Anda, silakan tinggalkan di bagian komentar artikel ini.

Baca Juga : 10 Cara mengatasi laptop lambat loading saat dihidupkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *