9 Tips agar kulkas awet dan tahan lama

9 Tips agar kulkas awet dan tahan lama

8 Tips agar kulkas awet dan tahan lama – Kulkas rata-rata bertahan selama sekitar 13 tahun. Ketika Anda membeli lemari es baru, Anda membayar sejumlah besar uang, dan Anda tentu ingin kulkas itu bertahan lama. Tapi hanya setelah lima tahun, itu mulai rusak. Masalah kecil di kompresor atau pendinginan yang kurang atau sesuatu tentang lemari es Anda mengganggu Anda.

kulkas awet

Anda mencari layanan perbaikan alat dan memperbaikinya . Secara bertahap, insiden ini mulai terjadi lebih sering daripada yang bisa Anda toleransi. Pada akhirnya, Anda menyerah dan hanya membeli kulkas baru. Anda bertanya-tanya apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat lemari es Anda lebih lama tetapi kemudian kembali ke kehidupan malas Anda sampai prosedur yang menyakitkan ini menyerang Anda kembali setelah lima tahun.

Jika Anda baru saja membeli kulkas baru (baru-baru ini, maksud saya dalam lima tahun terakhir), postingan ini untuk Anda. Saya dapat memberi tahu Anda bagaimana Anda dapat meningkatkan umur lemari es.

Tahukah Anda bahwa beberapa lemari es berfungsi dengan baik bahkan hingga 17 tahun? Itu empat tahun lebih lama dari rata-rata harapan hidup alat ini. Tetapi yang lebih baik adalah Anda harus lebih jarang menghubungi layanan perbaikan alat selama waktu ini.

Baca Juga : Kulkas Tidak Dingin: Penyebab & Cara Mengatasi

9 Tips agar kulkas awet dan tahan lama

Berikut ini tips yang paling bagus agar kulkas awet dan tahan lama hingga bertahun-tahun. Jadi, silahkan baca tips berikut ini hingga selesai.

Baca Juga :   Kulkas lg tiba tiba tidak dingin, Inilah Penyebanya!

1. Membuang air di belakang kulkas

Sebagai contoh pada bagian bawah belakang kulkas LG terdapat tempat penampungan air. Lepaskan dan buanglah air yang telah tertampung, lalu bersihkan atau lap hingga bersih dan kering.

Silahkan anda Isi tempat penampungan tersebut dengan air panas secukupnya dan diamkan kira-kira 10 menit untuk menghilangkan kuman. Kemudian, buang air panasnya dan bersihkan kembali hingga bersih dan kering, terakhir kembali tempatkan pada tempatnya.

2. Jaga agar koil di belakang alat tetap bersih

Kumparan kondensor di lemari es Anda sangat penting untuk menjaga suhu di dalam tetap dingin. Namun, seiring waktu mereka dapat mengumpulkan sejumlah besar debu jika dibiarkan. Menjaga kebersihan ini akan mengurangi tekanan pada kondensor dan pada akhirnya akan memperpanjang umur lemari es Anda. Ingat saja, sebaiknya cabut steker alat saat membersihkan kumparan, dan penyedot debu atau sikat adalah alat terbaik untuk pekerjaan itu.

3. Jangan biarkan kosong (atau terlalu penuh)

Biarkan saya memberi tahu Anda alasan mengapa saya menyarankan Anda ini. Sebab, untuk kelancaran dan efisiensi pengoperasian, sirkulasi udara yang baik di dalam lemari es sangat diperlukan. Untuk dapat mendinginkan produk makanan yang disimpan di dalam lemari es, udara harus mengalir bebas. Bukankah sudah jelas bagaimana Anda bisa mewujudkannya?

Jika Anda mengisi lemari es secara berlebihan, itu akan menyebabkan masalah dengan sirkulasi udara sehingga memberi beban lebih pada kompresor. Bagaimana dengan membiarkannya kosong? Setiap kali Anda pergi untuk liburan musim panas, tidakkah Anda mengeluarkan semua makanan dari lemari es?

Melakukannya tampaknya tidak salah, tetapi itu akan membuat lemari es Anda aus dalam jangka panjang. Kulkas yang benar-benar kosong harus bekerja lebih keras untuk pendinginan dan dengan demikian, akan membebani kompresor yang tidak perlu.

Baca Juga :   12 Penyebab kulkas tidak beku & Cara Mengatasi

Oleh karena itu, Anda harus berusaha untuk tidak mengisi lemari es secara berlebihan atau membiarkannya kosong.

4. Jangan menghalangi ventilasi

Aliran udara sangat penting dalam hal menjaga kulkas Anda berjalan dengan lancar. Ventilasi udara di dalam alat memainkan peran penting dalam menjaga aliran udara ini, jadi pastikan Anda tidak menghalanginya dengan kotak makanan atau minuman.

5. Jaga agar segel pintu tetap bersih

Tentu saja, menjaga kebersihan lemari es Anda secara umum adalah ide yang baik, tetapi segel pintu sangat penting. Inilah yang membuat udara dingin masuk dan udara hangat keluar. Setiap kerusakan pada segel ini yang disebabkan oleh sisa makanan atau cairan berarti alat Anda harus bekerja lebih keras untuk menjaga udara di dalam pada suhu yang tepat. Perhatikan juga apakah ada robekan atau retakan pada segel pintu—jika Anda menemukannya, segel harus diganti.

6. Jangan letakkan di dekat panas

Kulkas lebih seperti AC jendela. Jika Anda menyimpan AC jendela di area yang tidak memiliki ventilasi yang baik, Anda akan berisiko tinggi mengalami kerusakan pada kompresor. Bahkan, itu bahkan tidak akan mendinginkan ruangan Anda dengan benar.

Situasinya sangat mirip dengan lemari es. Jika Anda meletakkannya di dekat area dengan panas yang berlebihan – seperti di dekat kompor gas, itu akan menambah beban kompresor. Simpan lemari es di tempat yang suhunya lebih rendah dan tahan lebih lama.

Tidak praktis untuk menyarankan Anda untuk menyimpannya jauh dari dapur Anda, tetapi cobalah untuk memindahkannya ke tempat yang lebih baik sebanyak mungkin.

7. Jangan gunakan bagian atas sebagai ruang penyimpanan

Kita semua terbiasa memanfaatkan rak ekstra yang kita dapatkan. Bagian atas lemari es sering menjadi tempat yang kita gunakan untuk meletakkan kotak-kotak sereal atau beberapa kotak penyimpanan makanan. Melakukannya membuat lemari es sulit mengeluarkan udara panas.

Baca Juga :   Cara membersihkan kulkas LG 2 pintu pakai Cuka

Biasanya membuang udara panas melalui bagian atas dan belakang. Saat Anda menutupi bagian atas dengan puluhan kotak, udara tetap terperangkap dan mempengaruhi pendinginan keseluruhan lemari es Anda.

8. Tutup makanan yang Anda simpan & atur ke suhu yang tepat

Saya baru saja menambahkan penutup saran makanan karena itu menjijikkan ketika bau dari makanan yang berbeda bercampur di dalam lemari es. Juga, makanan memiliki kelembapan di permukaan yang menciptakan masalah dengan pendinginan interior. Karena itu, tutupi makanan yang Anda simpan di lemari es.

Selalu periksa pengaturan suhu. Cobalah untuk tidak mengatur suhu yang lebih rendah dari yang Anda butuhkan. Ini hanya pekerjaan ekstra untuk seluruh alat. Lebih banyak pekerjaan membuatnya lebih cepat luntur.

9. Periksa tanda-tanda masalah

Last but not least, selalu periksa masalahnya. Berhenti mengabaikan mereka. Jika lemari es Anda terus menyala atau terlalu sering mati, itu adalah tanda adanya kerusakan. Jika Anda dapat melihat endapan es pada kumparan di luar, itu adalah tanda cacat besar.

Anda juga harus memeriksa apakah pintu menutup dengan benar. Letakkan selembar uang dolar dan lihat apakah uang itu jatuh setelah pintu ditutup. Jika ya, itu berarti pintu tetap terbuka sedikit. Ini jelas mempengaruhi pendinginan. Ketika Anda melihat semua masalah ini, jangan abaikan sampai terjadi sesuatu yang serius. Bertindak cepat dan hubungi layanan perbaikan alat untuk memeriksa dan memperbaiki masalahnya.

Itu dia! Sekarang Anda tahu bagaimana Anda bisa membuat kulkas awet dan bertahan lebih lama. Saya harap ini akan membantu Anda menghemat uang dan membelanjakannya untuk hal-hal yang lebih baik seperti melakukan perjalanan!

Orang juga mencari :

  • cara merawat kulkas agar tetap dingin
  • cara merawat kulkas yang tidak dipakai
  • agar kompresor kulkas awet
  • cara mematikan kulkas yang benar
  • yang membuat kulkas cepat rusak
  • cara merawat kulkas polytron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *